Pengalaman Tes TOEFL ITP

우주의 작은 별
5 min readAug 2, 2017

If you need to get one, you need to read this one ;)

Hi Hello!

first thing first, aku mutusin buat ngambil tes TOEFL ITP ini karena persyaratan untuk daftar S2 (yeap, bcs I’m a lifetime learner; ps: bless my soul).

sebenernya kalo diliat banyak banget jasa yang nawarin tes TOEFL, tapi aku butuh yang certified ETS/diakui IIEF, karena banyak keuntungannya dan emang persyaratannya minta yang ceritified juga.
Kalo misal kalian butuh skor TOEFL dan gada keterangannya diminta certified, kalian boleh ambil yang di tempat les bahasa Inggris yang nyediain jasa tes TOEFL. bebas deh. aku dapet cerita dari temen-temen yang iseng-iseng tes TOEFL di penyedia tes gitu, soalnya lebih gampang. bahkan temenku ada yang retake test di tempat yang sama, it turned out soalnya sama persis kayak tes yang kemaren dia ambil waktu itu. hasilnya dia dapet nilai yang lebih tinggi haha what a game to play sama aja kayak remidi ukk di sekolah lol. tes TOEFL nya juga lebih murah, jadi lebih hemat ;)

kalo kalian berminat untuk ngambil tes TOEFL ITP yang certified, kalian bisa cek di google dengan kata kunci “Jadwal Tes TOEFL ITP” trus klik result yang paling atas sendiri (webnya IIEF) atau klik link ini.

Di web IIEF kalian bisa cek penyedia tes TOEFL ITP dimana aja di daerah kalian dan bakal ngadain tesnya kapan, jadi kalian bisa telpon buat nanyain apa masih ada kuotanya, persyaratan dan biaya pendaftaran juga.

kuota tes TOEFL ITP itu 20 orang, jadi kalo penuh kalian harus nunggu sampai jadwal selanjutnya atau ke tempat lain yang masih ada kuotanya.

  • biaya pendaftarannya itu kurang lebih Rp500.000,00
  • dan untuk persyaratannya kalian cuma disuruh ngisi formulir biodata gitu,
  • jangan lupa bawa kartu identitas (bisa KTP/SIM)
  • dan foto berwarna 2x3 sebanyak dua lembar.
  • dan jangan lupa buat latihan reading structure dan listening hahaha the most important thing!

kebetulan waktu itu aku dapet jadwal yang paling cepet dan masih ada kuotanya. jadi dari jarak aku mulai nyari info tes TOEFL ITP sampe ke hari aku tes TOEFL itu kira-kira dua minggu.
begitu aku dapet info dari web IIEF, besoknya aku ke tempat penyelenggara tes, dan ternyata hari itu adalah hari terakhir pendaftaran buat tes dua minggu lagi, langsung panik, tapi untungnya kuotanya belum 20 orang jadi masih tetep dibuka sampe kuotanya terpenuhi.
akhirnya besok aku balik lagi buat ngisi formulir, dan bawa persyaratan dan juga uangnya, untung aja hari itu masih sisa 7 orang, fiuh. sekarang tinggal persiapan buat mantepin reading, listening, dan structure.

jujur, aku kurang banget di structure, jadi selama dua minggu itu, aku mantepin belajar structure. reading sama listening itu selingan ketika udah mulai penat sama structure hehe.

Menurutku mengetahui kekurangan kita itu penting banget, jadi kita bisa naruh effort yg lebih untuk memperbaiki kekurangan kita.

kalau kalian dapet atau milih jadwal yang masih ada waktu sebulan buat belajar, mungkin hasilnya bakal lebih maksimal.

waktu belajar, aku sebisa mungkin setiap hari ngadain try out untukku sendiri lol. kan TOEFL ITP dibagi 3 sesi; listening, structure, dan reading: total 100 soal dan harus dikerjakan dalam waktu dua jam. dan lagi tiap sesi punya waktu tersendiri (kurang lebih 40 menit per sesi), jadi dalam waktu yang sesingkat itu kalian kudu nyelesein part listening/structure/reading secara berturut-turut, gaboleh acak.

buat pemantapan, kalian bisa beli buku latihan TOEFL yang ada di toko buku baik online atau offline, kalo aku pake buku TOEFL dari Longman. perlu diperhatikan ya waktu beli, dicek dulu isinya. saranku beli yang ada materinya di bagian awal dan ada part try out serta pembahasan try outnya terpisah, jangan pilih yang jawabannya udah tersedia dibawah soal. kalo udah disediain jawabannya di bawah buat apa dong haha. oya kalo bisa yang udah ada cd untuk latihan listening juga, biar ga ribet (tapi sebenernya di internet juga udah lengkap untuk materi listening).

waktu aku belajar kemaren, dua jam itu masih sisa, dan aku tau kenapa hahaha, soalnya kalo aku udah selesai satu part, aku tinggal istirahat lol. baru kalo udah mood balik try out lagi hahahaha. I just did it my way tho, tak perlu dicontoh haha. sisi baik yang perlu dicontoh adalah jangan lupa try out!

D-Day!

jangan lupa bawa pensil 2B, penghapus, dan bolpen, yah buat jaga-jaga, walaupun dari pihak penyelenggara udah nyiapin kan.
tesnya dimulai jam 9, jadi aku berangkat dari rumah jam 8.30, dan itupun dikelas udah penuh dan tinggal tiga orang doang yang belum dateng including me! Oh my! orang-orang ini in time sekali datangnya.

begitu masuk kelas langsung isi biodata di lembar jawaban sesuai dengan bimbingan tentornya yang bakal guide the test. tentornya juga bakal nulis waktu per sesi (waktu dimulai-berakhir sesi listening, structure, dan reading).

ps: jangan lupa berdoa, sebelum mengerjakan tes, semoga apa yang dipelajari bermanfaat

oya, kenapa tadi aku bilang try out pas belajar itu penting banget, karena saat tes itu waktunya bakal berjalan lebih cepat (padahal sih sama aja lol), dan mungkin kalian bakal sedikit panik, jadi disini gunanya.

kalo udah waktunya ganti ke part selanjutnya dan kalian belum selesai di part yang sebelumnya kalian harus segera membalik soal ke part selanjutnya, jangan tetep ngerjain part sebelumnya atau kalian bakal kekurangan waktu buat ngerjain part selanjutnya. ngikutin rule itu penting banget!

nanti kalo udah selesai dan ada waktu sisa, baru kalian ngerjain soal-soal kosong.

kalaupun ga ada waktu sisa, my tip is langsung aja hitemin bunder-bunder sesuai dengan feeling kalian, nothing to lose deh pokoknya lol. toh kalo salah juga ga bakal ngurangin nilai kan, malah lumayan juga kalau nambah nilai.

Setelah selesai, jangan terlalu banyak menyesal atau memikirkan berlebih. yang sudah biar sudah haha, jadi mending berdoa aja semoga dapat hasil yang diingikan.

hasil berupa sertifikat bisa diambil 10 hari kerja setelah tes. hari kerja itu ga termasuk hari sabtu minggu dan hari merah lainnya.

dan ini hasil tes aku~~

fyi, sertifikatnya itu ada tiga macem; gold, silver, sama bronze.

jadi warna sertifikat itu tergantung tinggi total skornya. aku dapet yang silver. I have an expected score for myself and I surpassed that, alhamdulillah. target sekarang jadi lebih tinggi lagi pastinya.

buat kalian yang mau ambil tes TOEFL ITP, semangat yaaa, semoga pengalaman dan tips yang aku bagi bermanfaat buat kalian dan skor yang diinginkan tercapai!

--

--